Live Streaming PKTenable.com Radio

SMP Muhammadiyah PK Gelar Pesantren Ramadhan 1438 H

SMP Muhammadiyah PK Gelar Pesantren Ramadhan 1438 H

Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Juara Lomba Robotik Tingkat Provinsi
Wujudkan Generasi Qurani dengan Gelaran Tasmi’
Ratusan Siswa Nonton Bareng Film Nyai Ahmad Dahlan

Para siswa menyimak pemaparan materi publik Speaking oleh Maz Nata di aula sekolah

Selama dua hari satu malam, (12-13/6/ 2017 ) sejumlah 120 siswa mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H. Kegiatan tersebut di sekolah setempat.

Rubiatun Nurush Sholihati kepada awak media PK Teenable mengungkapkan tujuan diselenggarakan kegiatan pesantren.

“Memang selama dua hari ini anak-anak kita ajak mengikuti pesantren. Kali ini kami ingin memperkuat karakter akhlakul karimah dengan beragam kegiatan yang menarik.”

Sesi Diskusi dan sharing dengan Alumni SMP Muhammadiyah PK Solo

Kegiatan yang digelar pada pesantren Ramadhan 1438 H antara lain, ibadah sholat berjamaah, Tadarus berjamaah, Hafalan Al Quran, Game Tahfidz, Diskusi Alumni, Bakti Sosial, dan Ketrampilan Publik Speaking. Para siswa secara berkelompok mempersiapkan ruangan tidur kemudian mereka mengikuti beragam kegiatan dengan penuh antusias. Diawali dengan melaksanakan sholat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan mentoring tadarus Al Quran. Acara dilanjutkan dengan beragam permainan salah satunya game tahfidz. Terlihat para siswa antusias mengikutinya.

Sementara itu, anak-anak IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) terlihat sibuk mempersiapkan gelaran bakti sosial. Bakti sosial berupa pembagian paket sembilan bahan pokok (Sembako) untuk melatih jiwa kepedulian sosial bagi para siswa. Ada 93 paket sembako yang diberikan kepada masyarakat. Terdiri dari beras, minyak goreng, gula, teh, dan biskuit (roti). Warga yang datang untuk mengambil paket tersebut harus memberikan kupon dan membayar seharga Rp 26 ribu.

Sebelum buka bersama, para siswa mengikuti kegiatan diskusi dan sharing dengan alumni. Terdapat beberapa alumni berbagai angkatan yang mengisi kegiatan diskusi tersebut. Aktivitas diskusi terhenti ketika saatnya adzan Maghrib. Para siswa mengambil menu buka bersama yang sudah disiapkan panitia.

Siswa sedang praktik menjadi MC pada acara Pengenalan Publik Speaking

Setelah melaksanakan sholat Maghrib dan Isya serta Tarawih berjamaah. Para siswa mengikuti kegiatan pelatihan ketrampilan publik speaking. Menariknya pemateri adalah seorang praktisi, penyiar, dan MC terkenal di Kota Solo. Dia adalah Max Nata. Para siswa terlihat antusias menyimak pembicaraan dari awal hingga akhir. Apalagi ada beberapa siswa yang berani spontan untuk menunjukkan ketrampilan membawakan acara di depan. Acaranya pun ditutup pukul 22.00 WIB.

(Avina dan Tsabita)

COMMENTS