Live Streaming PKTenable.com Radio

Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Bahaya Pergaulan Bebas yang Meracuni Moral
Bahaya Merokok Pada Remaja
Atthar Ibrahim Aquilla Wibowo: Sang Penakluk Matematika

Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


Oleh:
Rizka Dian Permatasari, S.Pd.
SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
27 Juli 2020

 

Latar belakang masalah dari praktik baik ini yaitu pada masa pandemi, peserta didik memiliki motivasi belajar bahasa Inggris yang rendah. Selain mengalami kesulitan memahami materi, kurangnya media pembelajaran yang inovatif membuat peserta didik mudah merasa bosan ketika pembelajaran jarak jauh.

Praktik baik ini penting untuk dibagikan agar dapat menyelesaikan masalah terkait kurangnya motivasi belajar peserta didik selama masa pandemi. Selain itu, praktik baik ini dapat menjadi referensi bagi rekan guru yang mengalami kesulitan dalam menentukan media pembelajaran inovatif yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Inggris.

Dalam praktik baik ini, peran dan tanggung jawab saya sebagai guru yaitu menyusun rencana dan perangkat pembelajaran jarak jauh (PJJ), membuat latihan soal menggunakan Quizizz, melaksanakan proses pembelajaran menggunakan Quizizz, dan mengadakan evaluasi kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut, ada beberapa tantangan yang dihadapi. Yang pertama, peserta didik memiliki motivasi yang rendah dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris yang dilaksanakan secara daring. Yang kedua, kesulitan memahami materi pembelajaran bahasa Inggris yang disampaikan secara daring oleh guru. Yang ketiga, kurangnya media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran dan karakter peserta didik.

Pihak-pihak yang terlibat dalam praktik baik ini adalah saya, guru mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai fasilitator sekaligus pelaksana dalam kegiatan pembelajaran; sejumlah 15 peserta didik kelas VII C di SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta sebagai subjek pembelajaran.

Strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut antara lain.

  1. Guru aktif memonitor aktivitas peserta didik saat kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung. Penggunaan aplikasi Zoom saat kegiatan PJJ memberikan peluang bagi peserta didik untuk cenderung kehilangan fokus dengan mudah, sehingga guru harus cermat memperhatikan peserta didik pada Zoom Meeting. Guru melibatkan peserta didik dalam kegiatan PJJ dengan memanggil nama peserta didik ketika menyampaikan materi pembelajaran.
  2. Terkait kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran bahasa Inggris, guru memilih video pembelajaran dari YouTube dengan visual yang baik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Guru melibatkan peserta didik untuk merespon beberapa pertanyaan terkait materi video pembelajaran di YouTube tersebut. Peserta didik diminta menjawab via Chat Box yang ada di aplikasi Zoom Meeting atau menjawabnya langsung dengan ­unmute mikrofon di Zoom Meeting
  3. Terkait penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif untuk tahap evaluasi atau penilaian, guru menggunakan metode pembelajaran berbasis gamification yaitu Quizizz. Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat merasakan bermain sambil belajar materi pembelajaran. Platform ini membuat peserta didik untuk dapat berkompetisi dengan peserta didik lainnya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru.

Dalam melaksanakan strategi ini, sumber daya yang diperlukan sebagai berikut.

  1. Kemampuan guru dalam merancang serta mengimplementasikan pembelajaran di kelas daring.
  2. Kemampuan guru dalam penguasaan kelas sehingga strategi pembelajaran dapat berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajraan.
  3. Media, alat dan bahan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, antara lain laptop, HP, slide PPT, soal Quizizz, dan video YouTube terkait materi ‘Asking for Attention and Checking Understanding’.

Materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah sebagai berikut:

  1. Video YouTube tentang Asking for Attention And Checking Understanding (yang bisa diakses di https://www.youtube.com/watch?v=psTvQ-rc99I)
  2. Platform Quizizz yang berisikan soal latihan terkait materi Asking for Attention And Checking Understanding (yang bisa diakses di link https://quizizz.com/join/quiz/5f07e608853803001bc750e2/start?studentShare=true)

Dampak dari aksi yang dilakukan yaitu peserta didik tampak lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris meskipun dilaksanakan secara daring. Peserta didik menjadi lebih kompetitif ketika mengerjakan soal bahasa Inggris yang dikemas dalam sebuah permainan atau live quiz. Mereka juga dapat melihat posisi atau peringkat saat tengah mengerjakan soal Quizizz. Penggunaan Quizizz ini tidak hanya sekedar untuk kesenangan bagi peserta didik dalam belajar bahasa Inggris, tetapi guru juga sekaligus dapat memperoleh gambaran kemampuan peserta didik saat mengerjakan soal di Quizizz. Quizizz menawarkan fitus overview yang memudahkan guru untuk menganalisis jawaban benar atau salah dari setiap peserta didik.

Secara keseluruhan, penggunaan gamification Quizizz ini dapat menjadi salah satu inovasi pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan efektif untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Berikut respon dari salah satu peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.

Quizizz membuat suasana belajar menjadi lebih seru, Us. Kita jadi bisa lomba online dengan teman-teman lain, tapi sekaligus bisa belajar bahasa Inggris. Penggunaannya pun sangat mudah. Nggak ribet. Kita juga bisa langsung tau nilai kita atau siapa yang menjadi juaranya.”

Dari refleksi dan hasil pelaksanaan penerapan Quizizz, yang menjadi faktor keberhasilannya adalah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas dan penguasaan materi, metode dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Guru harus memonitor pelaksanaan pembelajaran agar setiap peserta didik aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu, kreativitas guru dalam membuat soal latihan di Quizizz yang menarik dan pemilihan topik yang tepat dan sesuai dengan karakter peserta didik juga menentukan keberhasilan pembelajaran menggunakan Quizizz.

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut yaitu bahwa guru harus tetap kreatif dan inovatif dalam menerapkan kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan atau dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di kelas masing-masing.

COMMENTS