Live Streaming PKTenable.com Radio

Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Padlet

Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Padlet

Bahaya Pergaulan Bebas yang Meracuni Moral
Pentingnya Kesehatan Mental bagi Remaja yang Perlu Diketahui
Obesitas Dikalangan Remaja

Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Padlet

Penulis : Rizka Dian Permatasari, S.Pd.
Instansi : SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
Jenjang : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Kelas : 7
Materi : Describing Animals
Tanggal : 20 November 2021
Link Padlet : https://padlet.com/dianpermatasari09/a5wyf9v8i6hibnl

1. Inovasi Mengajar dalam mencoba mengatasi tantangan
Pada masa pandemi, guru dan siswa tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Guru dituntut untuk tetap dapat mengajar secara daring. Inovasi dalam mengajar sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini. Salah satu media pembelajaran inovatif yaitu aplikasi berbasi web Padlet. Padlet memungkinkan guru dan siswa untuk berkolaborasi bentuk teks, foto, tautan atau konten lainnya terkait materi pembelajaran.
Banyak sekali manfaat dan kelebihan dalam menggunakan aplikasi Padlet untuk menunjang proses pembelajaran Bahasa Inggris. Contohnya dalam hal ini, ketika guru mengajarkan materi “Describing Animals” kepada siswa kelas 7, guru tidak lagi harus menuntut siswa untuk membuat teks deskripsi pada secarik kertas dan kemudian meminta mereka untuk mengumpulkannya. Guru cukup meminta siswa untuk mengetikkan teks di Padlet dan kemudian mengoreksinya atau memberikan penilaian. Padlet membuat kegiatan pembelajaran lebih praktis. Selanjutnya, siswa dapat meningkatkan kreativitas dan kemandirian ketika menggunakan Padlet. Siswa dapat menyertakan gambar pendukung dalam teks yang dituliskannya. Selain itu, siswa dapat saling berinteraksi ketika menggunakan Padlet. Mereka dapat memberikan penilaian berupa bintang di hasil karya siswa lain.
Namun, ada kendala atau hambatan dalam penerapan aplikasi Padlet dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu jaringan internet yang tidak stabil, sehingga mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan tugas membuat teks deskripsi di Padlet. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara siswa menuliskan teks di notepad terlebih dahulu, kemudian menyalinnya di Padlet ketika jaringan internet sudah stabil.

2. Tujuan pembelajaran yang ingin di capai dari inovasi mengajar
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, diantaranya:
a. Siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru secara maksimal.
b. Siswa lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran meskipun dilaksanakan secara daring atau jarak jauh.
c. Siswa dapat berinteraksi dengan siswa lain meskipun mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh.
d. Siswa dapat menuangkan kreativitasnya dalam menggunakan aplikasi Padlet.

3. Proses mengajar menggunakan Inovasi Media Pembelajaran
Berikut langkah-langkah pembelajaran dengan Padlet yang saya lakukan secara daring:
a. Pada kegiatan pendahuluan, guru mengawali pembelajaran dengan salam, meminta ketua kelas untuk memimpin doa, mengecek kehadiran peserta didik, dan menanyakan kondisinya. Setelah itu, guru memberikan pertanyaan stimulus “What’s your favorite animal?” dan “Can you describe it?”. Guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Pada kegiatan inti, guru menampilkan sebuah video tentang deskripsi binatang. Guru menjelaskan materi terkait “Describing Animals” kepada peserta didik. Lalu, guru membagi nama-nama binatang secara acak ke peserta didik dan menginformasikan teknis penulisan teks deskriptif menggunakan Padlet. Guru juga memberikan tutorial atau contoh bagaimana cara memposting tulisan terkait teks deskriptif di Padlet.
Setelah peserta didik selesai, guru memberikan penilaian dari range 10-100 langsung di Padlet tiap peserta didik.
c. Pada kegiatan penutup, guru merefleksikan kegiatan pembelajaran bersama peserta didik. Guru menginformasikan penugasan setelah pembelajaran dan materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya kepada peserta didik. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan doa dan salam.

4. Reaksi Peserta Didik terhadap inovasi mengajar yang dilakukan
a. Peserta didik merasa lebih antusias dan tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran, khususnya saat membuat teks deskriptif dibandingkan ketika hanya diminta untuk menuliskannya di buku tulis mereka.
b. Kreativitas peserta didik lebih terlihat dalam membuat teks deskriptif.
c. Peserta didik merasa lebih mudah karena dapat sekaligus mengakses internet untuk mencari informasi terkait penulisan teks deskriptif tentang binatang.
d. Peserta didik dapat langsung melihat hasil penilaian dari guru terkait teks deskriptif yang telah dibuat di Padlet.

5. Testimoni 3 orang siswa dalam Inovasi Pembelajaran
Berikut respon beberapa peserta didik terkait penggunaan aplikasi Padlet dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya teks deskriptif tentang binatang.

“Menulis di padlet lebih praktis. Cara penggunaan Padlet juga sangat mudah. Bisa diketikkan langsung atau copas (copy paste) dari notepad kita. Tampilannya juga menarik.” (Aksa – 7D)

“Menyenangkan bisa melihat hasil tulisan teman-teman langsung ketika menggunakan Padlet. Saya juga bisa mengubah tampilan postingan sesuai keinginan.” (Arczika – 7B)

“Saya bisa memberikan komentar atau penilaian terhadap hasil tulisan teman lainnya, atau sebaliknya. Saya juga bisa memilih gambar atau video yang saya suka untuk disertakan langsung di Padlet.” (Wafi – 7C)

Demikian cerita inovasi pembelajaran yang saya buat, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

COMMENTS