Live Streaming PKTenable.com Radio

Resensi Buku Komet Minor

Resensi Buku Komet Minor

Cerpen A LIFE JOURNEY
Khayalan
I Dont Want Bully

Komet Minor

           

Penulis : Tere Liye

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Kategori : Novel

Tebal : 376 halaman                                                                                                           Tempat terbit : Jakarta

Terbit pertama : 2019                                                                                                                ISBN : 9786020623399                                                                                                  Peresensi : Amanda Trishya Aulia

Halo para pembaca PK Teenable! Kali ini yang akan kita kupas adalah novel berjudul Komet Minor. Komet Minor adalah buku keenam dari serial Bumi karya Tere Liye tepatnya lanjutan dari novel Komet. Bagi kamu pecinta novel fantasi buku ini layak dijadikan koleksi bacaan.

Di novel ini Tere Liye menyajikan kisah petualangan Raib, Seli, dan Ali di Klan Komet Minor. Klan Komet Minor merupakan sebuah klan yang terletak di dalam perut sebuah ikan raksasa. Ketiga sahabat ini ditemani oleh Batozar, Sang Pengintai dari Klan Bulan. Batazoar pertama kali diceritakan dalam novel ke-4,5 serial Bumi, Ceros dan Batozar.

Ketiga sahabat beserta Batozar berusaha menghentikan ambisi besar Si Tanpa Mahkota, antagonis utama dalam serial ini. Si Tanpa Mahkota berambisi untuk menguasai dunia paralel dan merebut senjata pusaka terhebat dari Klan Komet Minor. Namun, untuk menghentikan Si Tanpa Mahkota tentu tidak mudah. Kekuatan Si Tanpa Mahkota jauh lebih besar dibandingkan mereka berempat. Namun, berkat kekompakan mereka, serta dibantu oleh para mantan anggota aliansi Para Pemburu di Klan Komet Minor, mereka mampu mengalahkan Si Tanpa Mahkota.

Novel ini memiliki cover yang berwarna magenta. Di tengahnya, terdapat simbol yang menyerupai bentuk matahari dilengkapi judul buku ini, Komet Minor di bagian tengah simbol. Novel ini memiliki beberapa nilai positif yang dapat kita petik yaitu tentang persahabatan, pengorbanan, dan sikap memaafkan orang lain.

Namun sayangnya, buku keenam dari serial Bumi ini mengakhiri pertarungan antara ketiga sahabat dengan Si Tanpa Mahkota. Walaupun begitu, serial ini memiliki beberapa spin-off yang menceritakan kisah-kisah yang tidak diceritakan secara detail dalam serial Bumi.

Diantaranya, novel bertajuk Nebula yang akan menceritakan tentang orangtua kandung Raib. Serta kucing milik Raib, Si Putih akan memiliki kisah tersendiri. Selain kedua novel di atas, akan ada serial spin-off  Proxima Centauri. Dalam serial ini, dua kakak-adik SP4RK dan ST4R akan menjadi tokoh utamanya. ST4R dan SP4RK juga diceritakan sekilas dalam Komet Minor. Wah jadi tambah penasaran ya sama kejutan dari Tere Liye dalam serial novel Bumi selanjutnya.

 

COMMENTS